Mengenal Lebih Jauh Arti Kata Solidaritas


ModalOptimis - Pendahuluan, Apsih Solidaritas menurut kalian ? Bermacam-macam jawaban yang keluar bukan? tapi mungkin lebih tepatnya Pengertian Solidaritas ialah integrasi, tingkat dan jenis integrasi, ditunjukkan oleh masyarakat atau kelompok dengan orang dan tetangga mereka Hal ini mengacu pada hubungan dalam masyarakat . hubungan sosial bahwa orang-orang mengikat satu sama lain. Istilah ini umumnya digunakan dalam sosiologi dan ilmu-ilmu sosial lainnya.
Solidaritas adalah kesepakatan bersama dan dukungan: kepentingan dan tanggung jawab antar individu dalam kelompok, terutama karena diwujudkan dalam dukungan suara bulat dan tindakan kolektif untuk sesuatu hal. (wikipedia).

Solidaritas bisa di artikan kesatuan kepentingan,simpati,dll sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama. NAmaun arti solidaritas ini Sudah di rusak oleh oknum-oknum yang kurang mengetahui arti yang sebenarnya dari kata solidaritas. Banyak dari mereka yang memanfaatkan kata solidaritas untuk kepentingan yang menurut saya kurang baik, seperti halnya ... jangan jauh-jauh Di sekolah saja, seorang pelajar yang cabut sekolah ( kabur ) dan dia mengajak temannya untuk ikut cabut sekolah dengan alasan "Solidaritas" yang menurut dia itu adalah perbuatan solidaritas?!. Hal ini dapat berpengaruh kepada orang yang tidak mengetahui arti kata solidaritas yang sebenarnya yang membuat orang tidak tahu tersebut akan mengikuti ajaran yang temnnya ajarkan "solidaritas yang tidak baik". Kali ini saya akan Membahas sebuah tulisan dari Pengalaman mengenai Arti kata solidaritas yang sebenarnya . Berikut adalalah jawabannya .....




Tolong Menolong
- Menurut saya termasuk dalam golongan arti dari solidaritas, Tolong menolong membantu orang lain dimana orang lian sedang mengalami kesusahan, kesulitan dalam segala hal. Tentu kita akan mebantunya bukan?, dan hal ini di sebu solidaritas kemanusiaan.



Berkorban - Berkoban adalah sikap yang mencerminkan adanya kesediaan dan keikhlasan dengan cara memberikan sesuatu yang dimiliki untuk diberikan kepada orang lain, Walaupun kadang menimbulkan penderitaan bagi diri sendiri. Berkorban tanpa memikirkan dampak yg akan terjadi pada diri sendiri? Untuk orang lain Terhadap orang yg sedang mengalami masalah kehidupan,perekenomian atau yang sejenisnnya tidaklah masalah..tetapi Jika kita berkorban untuk hal yang tidak baik seperti berkorban menolong orang yang terlibat kasus narkoba tanpa memikirkan kita akan ikut di tangkap atau tidak?! Saya rasa itu bukan suatu arti dari kata solidaritas yang sebenarnya.






Kebersamaan - Kebersamaan juga merupakan kunci dari kekommpakan. Hidup rukun,saling bergotong-royong, membantu sesama,memecahkan suatu masalah bersama-sama,berkomunikasi dan lain-lain. Kebersamaan itu kita perlu raih agar kita saling memperkuat rasa persatuan kita dan solidaritas. akan tetapi kebersamaan bukan kebersaaman yang bertindak kriminalisme atau sejesinya yang merugikan pihak lain atau orang yang tidak bersalah.
Kebersamaan akan terusak dan terkotori dan dinilai negatif oleh pihak lain apabila kebersamaan dilakukan dengan melakukan suatu perbuatan yg tidak baik. contohnya seperti anak pelajar yg tawuran, yg mereka pikir itu adalah kebersamaan.






Tujuan - Dan ini yang terakhir yang saya bisa rangkum dari berbagai pengalaman yaitu tujuan, dimana orang yang memiliki keaslian solidaritas yang sebenarnya memiliki 1 tujuan yang sudah kita sepakati oleh beberapa pihak untuk melakukan suatu tindakan menolong atau sejenisnyayang akan berguna untuk orang lain. Bukan 1 tujuan untuk menghacurkan atau menggangu ketengan orang lainyang tidak bersalah seperti halnya mencuri,bullying,bahkan membunuh.

 Kekuatan terbesar untuk menuju kesuksesan denga 1 tujuan adalah Solidaritas yang besar.






Ok sekian article yang saya buat tentang Mengenal Lebih Jauh Arti Kata Solidaritas. Semoga ga bosen bacanya :) Sorry tulisan masih berantakan Newbie _/_.




Unknown
Unknown

Previous
Next Post »